Karya Tulis Ilmiah



HUBUNGAN BERMAIN GAME ONLINE DOTA 2 TERHADAP POLA MAKAN DAN STATUS GIZI PADA ORANG DEWASA DI KOTA MALANG

Prodi : PROGAM STUDI DIPLOMA III GIZI
Pengarang : RENALDO DEVAN SEPTIAN
Dosen Pembimbing : Ir. Astutik Pudjirahaju., M.Si
Klasifikasi/Subjek : , Hubungan, Video Game, Pola Makan, Status Gizi
Penerbitan : , Malang: 2018.
Bahasa : Indonesia
PENYIMPANAN
Lokasi : ---
Jumlah : 0

Abstraksi

ABSTRAK Renaldo D. Septian. Hubungan Bermain Game Online Dota2 Terhadap Pola Makan dan Status Gizi Pada Orang Dewasa di Kota Malang. Dibawah bimbingan. Ir. Astutik Pudjirahaju., M.Si Dilatar belakangi semakin majunya era digital sekarang, game online merupakan sebuah trend dan hobi baru di kalangan anak-anak, remaja, maupun orang dewasa. Hal ini dibuktikan banyaknya jumlah pemain game online di tingkat global maupun nasional. Seseorang yang gemar bermain dan sudah masuk kategori addicted dapat mempengaruhi pola makan dan berdampak pada status gizi seseorang tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara bermain video game online Dota 2 terhadap pola makan dan status gizi orang dewasa di Kota Malang.penelitian ini menggunakan desain cross sectional dengan mengambil sample sebanyak 57 sampel. Analisa data yang di gunakan adalah uji Chi-Square. Hasil penelitian kategori bermain Video Game Online Dota 2 kategori terbanyak adalah problembatic yang mencapai 58%. Rata-rata kebutuhan energy, protein, lemak, kalsium, natrium, kalium, kolin pada nilai lebih kecil dari 70%, sedangkan untuk zat gizi karbohidrat, fosfor, besi, vitamin C, dan serat memiliki tingkat pemenuhan kebutuhan 70-80%. Rata - rata skor PPH kelompok usia dewasa 19-29 tahun diperoleh rata-rata skor PPH sebesar 72.29 ± 12.67. Rata-rata skor PPH tertinggi terdapat pada kelompok pangan padi-padian (22.13 ± 3.05) dan skor PPH namun masih belum mencapai skor maksimal. Skor PPH terkecil terdapat pada kelompok pangan umbi-umbian (1.28 ± 0.29), gula (1.59 ± 0.32) dan minyak/lemak (3.2 ± 3.9). Dari hasil analisis uji statistic menunjukan tidak adanya hubungan antara bermain video game online Dota 2 terhadap pola makan dan status gizi responden. Nilai signifikasi korelasi antara variable bermain video game online Dota 2 dengan pola makan responden yaitu p= 0.295. Sedangkan pada variable bermain video game online Dota 2 dengan status gizi responden yaitu p= 0.232 Kesimpulan pada penelitian ini adalah tidak ada hubungan yang signifikan antara bermain video game online Dota 2 terhadap pola makan dan status gizi pada orang dewasa di Kota Malang. Kata kunci : Hubungan, Video Game, Pola Makan, Status Gizi



Lampiran

File BAB-1 : [ Unduh ]

File BAB-2 : [ Unduh ]

File BAB-3 : [ Unduh ]

File BAB-5 : [ Unduh ]

File Daftar Pustaka : [ Unduh ]

File Lampiran : [ Unduh ]